Jumat, 21 Desember 2012

Kecelakaan Kerja, Mukim Kandang Meninggal Dunia

KR - Pembangunan jembatan yang akan menghubungkan gampong Kapeh dengan gampong Ujung telah memakan korban jiwa. Seperti yang dilaporkan oleh Yurliadi, salah seorang warga gampong Kedai Kandang kepada redaksi melalui e-conference.

Korban bernama Azizar, 46 tahun yang menjabat sebagai Mukim di Kemukiman Kandang. Korban  saat itu sedang membantu pekerja lainnya memegang tali yang sedang digunakan untuk menurunkan batang kelapa yang sudah dipotong untuk dipakai sebagai penyangga jembatan. Tatkala batang kelapa tadi sedang diditurunkan, tiba - tiba tali yang dipegang oleh si korban mengendur dan potongan batang kelapa tadi condong kearahnya sehingga membuat korban terkejut. 

Jembatan darurat

Korban yang terkejut spontan hendak melompat ke rakit yang dipakai pekerja untuk membantu pemasangan penyangga jembatan. Namun karena lompatannya tidak sampai kerakit sehingga dada dan dagu korban menghantam leger jembatan dengan keras sehingga korban terjatuh ke sungai. Seorang pekerja bernama Hermadi segera menolong korban dan menegangkatnya ke pinggir jembatan untuk diberi pertolongan.



Melihat kondisi korban yang kritis, pekerja dan masyarakat segera membawa korban ke Puskesmas Kandang di gampong Suak Bakong untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Namun sesampainya di Puskesmas, korban akhirnya menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 5 sore. Kejadian terjadi pada tanggal 18 desember 2012.

Perlu diketahui bahwa, pembangunan jembatan yang mempunyai panjang lebih kurang 60M dan terletak diatas sungai kandang itu tidak menggunakan alat berat sehingga proyek tersebut memakan waktu yang lama. Apalagi dengan tiadanya alat berat menyebabkan keselamatan para pekerja tidak terjamin. Semoga kedepan tidak lagi korban akibat dari kurangnya kelengkapan peralatan dilapangan.(de)