Rabu, 19 Desember 2012

Khasiat Buah Nanas

Nenas | Google
KR- Nanas adalah buah yang memiliki mata yang banyak dan apabila matang memiliki warna kuning keemasaan, terdapat tunas merayap pada bagian pangkalnya. Daun berkumpul dalam roset akar dan pada bagian pangkalnya melebar menjadi pelepah. Helaian daun bentuk pedang, tebal, liat, panjang 80-120 cm, lebar 2-6 cm, ujung lancip menyerupai duri, tepi berduri tempel yang membengkok ke atas, sisi bawah bersisik putih.

Buah nanas konon berasal negara-negara di Amerika latin seperti Brazil, Paraguay dan Bolivia. Pohon nanas sendiri dapat tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti di indonesia dengan masa panen relatif singkat, yaitu antara 2 sampai 3 kali setahun.

Di Indonesia Buah nanas sudah sangat populer karena rasanya yang disukai dan manfaatnya yang banyak. Buah ini bisa diolah menjadi jus, pencuci mulut, penghias/pelengkap makanan, kripik, bahan rujak, minuman penyegar, selai, bahab pembuat kue, dan buah beku.

Selain bisa di makan langsung, nanas bisa juga diawetkan dengan cara direbus dan diberi gula, dibuat selai, atau dibuat sirup. Buah nanas juga dapat digunakan untuk memberi cita rasa asam manis, selain itu juga dapat digunakan sebagai pengempuk daging.

Kandungan yang ada pada buah nanas diantaranya adalah Vitamin C yang cukup tinggi atau sekitar 12 mg dalam 78 gr nanas.

Nanas memiliki banyak manfaat diantaranya adalah :

  • Nanas mengandung phitochemical yang baik untuk kesehatan. Phitochemical adalah zat, bukan gizi yang dapat dijumpai pada tumbuhan yang memilki aktifitas biologi yang menguntungkan tubuh, yakni sebagai antioksidan. Selain itu nanas juga mengandung enzim bromelain yang dapat mengubah protein pada susu daging dan gelatin sehingga membuat bahan makanan menjadi basah.

  • Kandungan phitochemicalnya dapat menurunkan PH tinggi hingga dapat mengontrol asam lambung. Untuk menambah khasiatnya nanas lebih baik dikonsumsi secara utuh. Seperti untuk campuran selada buah dan es buah. Untuk diketahui, nanas yang telah diolah menjadi dodol nanas, kripik nanas atau olahan nanas lainnya, zat gizi atau enzimnya sudah tidak utuh lagi.

  • Tak hanya buahnya saja yang berkhasiat, tetapi bagian lain dari nanas juga berkhasiat seperti, kulit yang berfungsi untuk membersihkan batu marmer. Daun nanas berfungsi sebagai piretik (penurun panas).

Untuk diketahui bahwa Nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Karena itu, nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid. Untuk itu, perempuan hamil dilarang mengkonsumsi nanas muda selain itu buah nanas juga dapat memicu rematik dan Meningkatkan gula darah.


Demikian manfaat dari Buah Nanas atau Nenas. Semoga bermanfaat. (de)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar