Rabu, 19 Desember 2012

Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing

Daun Kumis Kucing | google
KR- Kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat berbentuk semak, batangnya basah, tingginya bisa mencapai 1,5 meter. Tanaman ini memiliki daun berbentuk telur taji, tepi daunnya bergerigi kasar. Bunganya mengeluarkan benang sari dan putik berwarna putih atau ungu. 

Tanaman obat yang satu ini memiliki sejumlah khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Daunnya mengandung kadar kalium yang cukup tinggi. Tanaman ini juga mengandung glikosida orthosiphonin yang berkhasiat untuk melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh. Terutama dari kantung kemih, empedu dan ginjal.

Herba kumis kucing bisa digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit yaitu infeksi ginjal akut dan kronis, rematik, tekanan darah tinggi, kencing manis, kencing batu serta infeksi kandung kencing.

Namun bagaimana cara mengolahnya? Untuk penderita infeksi saluran kencing, bisa dicoba penyembuhannya dengan ramuan herba segar daun kumis kucing, meniran, dan akar alang-alang masing-masing 30gram lalu dicuci sampai bersih. 

Bahan-bahan tersebut selanjutnya dipotong-potong seperlunya lalu direbus dalam tiga gelas air hingga hanya tersisa setengahnya. Setelah dingin, diminum masing-masing setengah gelas sebanyak tiga kali sehari.

Untuk mengobati kencing batu, siapkan 90gram herba kumis kucing lalu dicuci bersih lalu direbus dalam satu liter air hingga mendidih dan tersisa 750cc. Setelah dingin, minumlah sebanyak tiga kali sehari masing-masing sepertiga bagian. Minumlah ramuan ini hingga sembuh.

Demikian khasiat dari tumbuhan Kumis Kucing, semoga bermanfaat.(de)

Bagaimana menurutmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar