Jumat, 21 Desember 2012

Pengguna Jembatan Mulai Resah

KR- Sepintas tiada terlihat sesuatu yang ganjil pada jembatan gantung ini. Jembatan gantung yang menghubungkan gampong Kedai Kandang dengan gampong Sialang di Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan ini menjadi satu – satunya sarana penghubung saat ini antara masyarakat yang berada dipulau Kandang yakni masyarakat gampong Kedai Kandang, gampong Ujung, Gampong Luar, gampong Pasi Merapat dan gampong Jua dengan gampong - gampong lain yang berada di jalan umum seperti gampong Suaq Bakong, Sialang, Kedai Runding dan gampong lainnya.

Jembatan Gantung, Gampong Kedai Kandang Kec. Kluet Selatan
Jembatan gantung yang berdiri sejak tahun 1992 ini, sedikit demi sedikit mulai meresahkan sebahagian masyarakat yang melintas. Penyebabnya adalah beberapa kabel pengikat badan jembatan yang gunanya mencegah terjadi goyangan tatkala dilintasi oleh manusia dan kenderaan roda dua ini sudah lepas dan putus dari tempatnya sehingga apabila ada beberapa orang yang melintas, mereka akan merasakan goyangan yang mendebarkan dari jembatan gantung ini.

Redaksi sudah beberapa kali melintasi jembatan gantung yang berada diatas Krueng Kluet ini dan kenyataannya memang demikian. Pengendara sepeda motor yang berboncengan kerap harus turun dan berjalan kaki untuk menyeberang dijembatan ini karena tidak tahan dan takut pada goyangan jembatan. Namun walaupun harus berjalan kaki, pejalan kaki pun wajib berhati – hati pada papan yang dijadikan alas jembatan karena ada beberapa yang sudah lepas sedikit dan sudah terkesan rapuh terkena panas dan hujan.

Mengingat bahwa jembatan gantung ini menjadi alat penghubung masyarakat, sudah sebaiknya apabila beberapa gampong yang terdapat dalam pulau Kandang untuk melakukan rehabilitasi supaya masyarakat aman dan nyaman untuk melintas.(de)